Rabu, 16 Februari 2011

Pengelolaan Sumber Daya Material dan Peralatan Konstruksi, Infrastruktur dan Pertumbuhan Ekonomi

Salah satu indikator meningkatnya kesejahteraan bangsa di suatu negara adalah pertumbuhan ekonomi. Negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi yang tinggi selalui ditandai dengan kegiatan pembangunan di berbagai bidang yang didukung dengan  peningkatan mobilisasi orang, barang dan jasa; dan peningkatan kebutuhan perumahan dan gedung untuk tempat tinggal dan kegiatan usaha.

Salah satu pendorong meningkatnya kegiatan pembangunan adalah ketersediaan infrastruktur.  Banyak negara berkembang yang mengalami kemandegan dalam pertumbuhan ekonomi karena tidak memiliki infrastruktur yang memadai.

Globalisasi menciptakan sistem perdagangan yang tidak mengenal batas wilayah. Di samping keunikan dan biaya produksi, daya saing suatu produk barang bernilai ekonomi tergantung pada biaya distribusinya. Oleh karena itu, di samping kemudahan dalam memperoleh input sumber daya untuk menghasilkan suatu produk seperti bahan baku produksi dan tenaga kerja, untuk meningkatkan daya saing dalam memasarkan produknya, seorang produsen akan mendekatkan kegiatan produksinya ke pusat pasar yang potensial untuk mengurangi biaya distribusi pemasarannya. Namun, seorang produsen hanya akan tertarik untuk memindahkannya sentra produksinya ke suatu negara atau wilayah tertentu apabila negara/wilayah tersebut telah memiliki dukungan infrastruktur yang memadai.

Produk infrastruktur tercipta dari suatu proses konstruksi yang membutuhkan input sumber daya fisik berupa material dan peralatan,   dan sumber daya nonfisik berupa metoda produksi. Di industri hulu metoda produksi digunakan dalam rekayasa material dan peraltan untuk menghasilkan jenis material dan peratalan baru yang lebih efisien dan efektif, sedangkan di industri hilir metoda produksi dimanfaatkan untuk mengtranformasi berbagai material dengan menggunakan peralatan tertentu menjadi produk dengan fungsi tertentu yang bernilai ekonomis. 

Terkait dengan lingkup tugas dan fungsi Pusat Pembinaan Sumber Daya Investasi Badan Pembinaan Konstruksi, produk industri yang dimaksud adalah produk konstruksi berupa infrastruktur. Mengingat peran infrastruktur yang sangat strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, maka setiap kebijakan peningkatan penyelenggaraan infrastruktur perlu didukung dengan pengeloaan sumber daya material dan peralatan konstruksi agar produk konstruksi tersebut dapat lebih efisien dan efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar